Perkembangan Media Penyimpanan

Perkembangan Media PenyimpananSejak kenal sama komputer dari akhir 80an hingga sekarang perkembangannya edan. sekarang sudah mulai bisa menghitung kalau dalam 3-6 bulan kedepan pasti ada peripheral baru yang lebih bagus, kecil dan berkerja dengan super.
awal komputer masuk ke indonesia semuanya mungkin pernah ngalamin mesti nyimpen Floppy Disk 5.25 inch didalem buku biar gak kelipet dan bisa dibaca sama Floppy Disk Drive.dan kalo lupa naruh jadi kelipet atau ketumpahan kopi langsung pengen nangis soalnya datanya blom di backup. juga kalo mau ngesave data gede mesti beli satu kardus isi sepuluh. karena satu FD cuma muat 256KB & 512KB. pada jaman itu HardDisk drive paling besar hanya 10MB, sudah bisa menjalankan wordprocessor dan games pacman. Floppy Disk ini yang kalo rusak bungkusnya dibuka lalu si piringan disk plastiknya dijadiin gantungan windchime.


mulai masuk FD yang 3.5 inch yang bisa muat 1.4MB dengan bentuk yang lebih kecil dan casing yang lebih keras jadi tidak terlalu riskan untuk membawanya asal tidak tertekan/kepanasan di dashboard mobil. dengan spesifikasi HD (High Density) dan LD (Low Density) yang sampe sekarang gw gak ngerti artinya apaan. dijaman ini Harddisk sudah mulai bermain diangka puluhan sampai ratusan Megabytes.



pada tahun 2003 FD 3.5 inch pun selesai beredar, nah itu adalah era terakhir dimana kita memakai contro code "c:>format a: /q/b"

ada masa tenggang diantara 2000 sampai 2004 dikalangan pekerja kreatif dan IT, dimana mereka menggunakan semacam Floppy Disk dengan daya tampung yang lebih besar dari yang biasanya bisa dari 20MB sampai 750MB per disk. yang dinamai ZIP Drive. yang kemungkinan masih dipakai hingga sekarang karena faktor praktis karena re-useable dan besaran kapasitasnya.

karena dimasa 2003-04 Compact Disc menjadi primadona karena bisa menyimpan 700Mb dalam satu cakram. berapa banyak data yang bisa disimpan disana. bahkan para produser musik pun sudah mulai berpaling memindahkan data-data lagu penyanyinya dari pita analog ke cakram digital ini, walau dimasa itu dihargai mahal sekali. dan pada tahun tersebut Hard Disk Drive sudah berkekuatan 1GB hingga 40GB. sampai beredar cakram berseri CD, CD-R, CD+R, CD-RW, CD+RW.

2005 kesini CD sebagai penyimpan data sudah mulai tergeser dengan DVD Digital Versatile Disc formerly known as Digital Video Disc, karena bisa memuat 4.2GB. ya era Giga atau 1juta sudah melanda dunia, dimana harddisk 40GB pada tahun itu menjadi sangat tidak penting, apalagi hardisk jaman 10MB yang ukurannya segede telepon rumah karena harddisk 90-120GB sudah beredar dan hanya sebesar notesbook. film-film sudah dikonversi menjadi digital dan muat didalam DVD ini. sebenarnya ada era Laser Disc dimasa 2000-2005 ini hanya Laser Disc dianggap tidak praktis karena sebesar Piringan Hitam. tapi gambar yang dihasilkan sungguh bersih sebenarnya dibandingkan dengan DVD dimasa itu. Dan jaman sekarang ini DVD hanya menjadi media penyimpan Gambar bergerak. dan sebentar lagi tergantikan oleh generasi Blue Ray yang bisa muat 40-90GB dalam satu disk yang menggantikan generasi sebelumnya DVD 2 layer yang memuat 9GB dan HD DVD yang memuat 30GB.

2006 mulai beredar Flash Disk atau Thumb Disk, disebut thumb karena hanya sebesar ibu jari. mulai dari ukuran 128MB hingga akhir 2007 sudah mencapai 4GB. dengan ukuran yang beragam dan berbagai macam bentuk. Thumb ini sekarang disinyalir sebagai alat transportasi data paling ringkas dan mudah. karena penyimpanannya simple bahkan bisa dijadikan gantungan kunci atau gantungan hiasan handphone bahkan mainan atau alat yang tidak terbayangkan sekalipun.

namun trend terakhir di 2008 menjelang 2009 ini ternyata sarana penyimpanan data semakin mengecil. 2 produsen bersaing dengan sehat dan warna yang sangat centil. mereka berusaha merebut pasar lebih luas lagi, tidak hanya kalangan IT, geeks atau computer literate. tapi para pekerja umum lainnya, bahkan para remaja dan ibu rumah tangga. warna hitam, biru dan ungu ini adalah keluaran Kingston dengan kapasitas beragam mulai dari 1GB hingga 4GB. sementara PQI memperkenalkan produknya dengan warna terang, Biru muda, Pink dan kuning terang. pilihan kapasitas sama 1-4GB. dengan bentuk yang hampir mirip dan tanpa penutup. besarannya pun hampir mirip 46.5 x 24 x 2.7 mm dengan berat kurang dari 1.50gr. dimana Hard Disk dimasa ini sudah memasuki era Terra atau Milyar, dan yang ajaibnya sekarang sudah berkembang hardisk yang 2-4TB dalam satu keping, namun kecepatan komputerpun diharuskan mengikuti syarat minimal si harddisk itu. hohoho, sementara dirumah punya 250GB kali 2 aja dah bingung mau diisi apa.

untuk peripheral bentuk semakin kecil kapasitasnya semakin menggila besarnya.
lalu kalau kapasitas otak manusia bagaimana? badan semakin besar terkadang kapasitasnya malah berkurang.....aneh
Share this article :
 

Poskan Komentar

Jika kamu mendapati postingan ini berguna, silakan tekan tombol "Like". Butuh beberapa jam untuk posting, butuh 10 detik untuk mengatakan "Thanks", butuh 5 detik untuk mengatakan "Siiipp!".

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Iq-Network.Net - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger