Modem Smartfren tidak Support Windows 8?

Kali ini saya mau berbagi pengalaman masalah Modem Smartfren AC682 yang tidak mau connect setelah saya menggunakan Windows 8. Kebetulan baru aja Upgrade PC nih pake Windows 8 dan saya pake Modem Smartfren AC682 ini sejak 1 tahun lalu. Pas di Windows 7 jalan Normal, Windows XP juga jalan lancar. Tapi pas pake Windows 8, awalnya bisa. Install Normal, dipake beberapa menit (mungkin 5-10 menit) tiba-tiba disconnect. Muncul peringantan di UI Smartfren "The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly." Padahal pake Modem temen yang Tipe CE682 bisa loh. Saking stress saya beli modem yang baru Smartfren AC782, awalnya bisa dan udah berbunga-bunga gitu. Tapi setelah beberapa menit, ternyata mati juga. Muncul peringatan yang sama. "The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly."

Nah, sekarang kita pecahkan masalahnya. Masalahnya ternyata bukan pada Compatibility Windows 8. Toh misalnya tidak kompatibel, kita bisa otak-atik di "Windows Compatibiity Troubleshoot" kan? Andaikan tadinya tidak kompatibel dengan Windows 8, harusnya kita tidak bisa membuka Smartfren UI dari awal.

"The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly."

Saya cari di Google samapi nemu Trit di Kaskus, tapi masih pada bingung. Jadi saya coba Google tutorial yang bahasa Inggris. Dan, alhamdulillah inilah Triknya.

Masalahnya adalah Port yang digunakan oleh Smartfren dan VPN bawaan Windows yang bertumbukan. Bertumbukan? Maksudnya VPN bawaan Windows dan Smartfren menggunakan Port yang Sama, akhirnya salah satu di-Kill.

Cara mengatasinya lakukan cara berikut:

1. Buka regedit.exe (Registry Editor)
2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
3. Klik Edit > New > Multi-String Value.
4. Ganti nama dengan ReservedPorts.
5. Double Klik pada ReservedPorts tadi, masukkan Value Data dengan angka 1723-1723.
6. Restart PC.

Catatan: Lakukan dengan hati-hati. Di sini kita mengubah Port yang bisa digunakan oleh VPN bawaan Windows agar menggunakan Port 1723 saja. Semoga bermanfaat.

Buat agan yang masih bingung, ane siapin Screen Capturenya..



Gimana kalo masih GAGAL? Berikut buat agan yang massih belum berhasil.
Ikuti langkahnya dengan runtut ya,
1. Uninstall Driver Modem Smartfren kamu.
2. Hapus registry yang barusan dibuat yaitu ReservedPorts.
3. Restart PC kamu.
4. Install lagi Driver Modem Smartfren.
5. Masukkan lagi registry ReservedPorts tadi.
6. Banyak berdoa.. :)

Semoga berhasil.

Comments

  1. trima kasih bang... skarang modemnya uda bisa konek internet di win 8.... awalnya cuma Authenticating mulu g konek2.... skali lagi thanks bang....

    ReplyDelete
  2. Mantap mas bro tip trik ny

    www.andrian-der-alviana.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. waaahhhh tembakan jitu mas, sempet frustasi n mw beli modem baru, pas bgt da nee postingan, langsung TOKCER,,, thanks a lot masbrow,,,pengeran seng mbales,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah terlanjur beli baru, baru dapet triknya mas.. wahwahwah :D

      Delete
  4. Kok gak bisa mas?
    Tetep aja tuh?
    Yang value data yang dimasukin cuma 1723 atau 1723 pake "-" ?
    Bisa tau website bahasa inggris yang agan liat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane uda nyobain 2 kali sukses gan, coba uninstall dulu drivernya terus hapus registry yang dibikin tadi, terus restasrt PC, install driver modemnya lagi, terus ulangi bikinn registry.. hehe

      tulisannya persis begini -> 1723-1723

      Delete
  5. kok ga bias ya??
    ada solusi laen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane uda nyobain 2 kali sukses gan, coba uninstall dulu drivernya terus hapus registry yang dibikin tadi, terus restasrt PC, install driver modemnya lagi, terus ulangi bikinn registry.. hehe

      Delete
  6. Bagi yang ngak mau repot, bisa pilih Modem ZTE AC 2726 , modem yang dikenal sangat awet, daya tangkap sinyal kuat dan mudah diinstal .
    Tinggal colok, instal, click icon modem di desktop and Happy browsing.
    Tidak perlu utak atik registry, yang menurut saya, kalau salah akan berakibat fatal seperti install ulang.

    ReplyDelete
  7. Kalau modem yang mobile partner gimana ya gan? Temen ane ikutan nyoba iseng cara di atas, yg awalnya memory card dalam modem ga kebaca udh bisa kebaca. Eh, tapi sinyal tetep kagak ada ... gimana ya? Bisa bantu??? bisa bantu ya... !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kurang tau, mungkin SIM Card nya yang gk cocok...
      CDMA atau GSM? terus 800Mhz atau 1900Mhz gitu kalo gk salah.. -_-

      Delete
  8. misi gan, ko saya gagal terus udah nyoba ampe 4 kali,pdhal urutan udah bener, problempun sama. kira " gimana tuh gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setelah diuninstall drivernya, pake dulu Registry Cleaner (misal CCleaner atau yg dari Tune Up, atau yg dari bitdefender itu loh.)

      Restart, terus install lagi.. :)

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. ane pake AC2791 jalan gan tapi pake 1723 1723 (tanpa garis -)
    thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okesip gan, barangkali - itu cuma pemisah aja bisa diganti pake :D

      Delete
  11. brow,, modem ane tu yg CE682 ,,
    kira2 postingan ente bisa dpke di modem ini g ??

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Dicoba aja gan.. :D
    kalo pengalaman PC saya pake CE682 tanpa diotak-atik langsung bisa...

    ReplyDelete
  14. secara emang utak utik registry itu emang fatal
    tapi ga masalah sih asal bener

    dicoba dulu bro , masalahnya ane lwat internet

    ReplyDelete
  15. Download rageditnya dimana ???

    ReplyDelete
  16. wah, hebat ! dah di coba manjur :D. setelah pake step 2.
    thanks gan..
    kunciunya : usaha, teliti dan berdo'a :D

    ReplyDelete
  17. mantab infonya thank Gan..........

    ReplyDelete
  18. awalnya pas pertama pake bisa,lancar2 aja.
    tb2 jadi already in use gitu modemnya
    setelah pk cara ini jadi bisa lagi
    thanks bgt infonya

    legaa;')))

    ReplyDelete
  19. punyaku sukses pake cara itu tp sayangnya setelah 1 hari smadav menginformasikan registry itu sangat berbahaya pada komputer anda,,terus koneksi jd lemot,,ada solusi ga gan,,trims

    ReplyDelete
  20. it's working great, thanks alot ;)

    ReplyDelete
  21. kok gak bisa ya buat new multli string value nya -_-

    ReplyDelete
  22. MANTAP! makasih banget gan! GUA DOAIN LU MASUK SURGA!! :D manjurrrrr ;)

    ReplyDelete
  23. Gan, aku barusan nyoba2 juga soalnya ketemu masalah yang sama juga.. Itu udah bener harus dirubah registrynya..
    Tapi stepnya yg harus diputer dikit..skrg di laptop aku udah bisa..setelah 6 sampe 7 kali restart sama uninstall modemnya..hahahahaa..
    Jadi urutannya gini..
    Status modem belum terinstall dan registry masih default:
    1. Masuk registry dulu trus dirubah kyak penjelasan diatas.
    2. Berikutnya laptop/com di restart
    3. Setelah restart baru modemnya diinstall..
    4. Silahkan dipake browsing :D
    Pasti bisa..soalnya di laptop aku udah bisa dgn step kyak gitu..

    Semoga membantu..

    ReplyDelete
  24. Gan.. Aku udah beberapa kali coba cara yg instal lewat control panel, providernya ZTE dr modem smartfren AC682.. Berhasil beberapa kali, tapi akhirnya gagal..
    Dan sekarang, setiap modem smartnya dicolokin ke port laptop, sama sekali gak kedetect, disearching juga gak ada, jadi gak bisa unistal juga.
    Untuk cari HKEY pun gak ketemu.
    Need help :)

    ReplyDelete
  25. bang itu menu regedit.exe ada dimana ? masih ga ngerti :(

    ReplyDelete
  26. Makasih gan sangat membantu,
    Awalnya tidak bisa, setelah coba ke 3 kalinya ahirnya bisa..
    Ternyata salah di penulisan "ReservedPorts"
    Saya tulis "ReservedPort"
    Kurang "s" nya, hehe
    Mmg harus teliti

    ReplyDelete
  27. gan,apakah cara tsb d atas work untuk windows 8 di semua modem smartfren...? kalau modem mobile patrner gimana gan,apakah sama caranya...? mohon pencerahannya y gan,terima kasih...

    ReplyDelete
  28. Wah... terima kasih atas informasinya 100% manjur..

    ReplyDelete
  29. Gan... klo modem LG LPU-2100TI gimana caranya gan? help please.
    window yang q pakai win 8.1 Pro 64bit.

    ReplyDelete
  30. gan klo tandanya gagal gmana gan??

    ReplyDelete
  31. Thanks mantap infonya gan

    ReplyDelete
  32. mantap gan,, thanks ilmunya ya .. salam sukses

    ReplyDelete
  33. Panduannya lengkap banget,,
    Namun karena modem smartfren saya memang belum support windows 8,,bolak balik dicoba tetap saja ngga bisa.
    Jadi solusi saya down-grade pake win7 saja. Langsung beresss

    Sukses gan!..

    ReplyDelete
  34. kok ada tulisan your pc are in error gan?

    ReplyDelete
  35. bikin dial up aja nga pake ribet

    ReplyDelete
  36. Tetep aja gan, setelah berhasil sama cara itu 2 menit kemudian balik lagi kaya semula, ada yg tau solusinya?

    ReplyDelete
  37. Saya udah coba sarannya gan, tapi belum bisa, kira-kira salahnya di mana?

    ReplyDelete
  38. thanks, bermanfaat bgt. Sekali nyoba lgsung bisa :)

    ReplyDelete
  39. Gan... Saya pake modem smart ec 1261-2 dengan windows 8.1 enterprise 64 bit... Modem di install lancar tetapi kenapa detecting device truss ya

    ReplyDelete
  40. Gan permasalahan ane gini jadi awalnya modem smart gw d pinjem temen , temen saya make w8 dan saya pake w7, awalnya pas saya pake berbulan2 aman2 aja , tp pas hbs d pake tmn jd ga bs( detecting device terus), bagaiman cara agar mdm st bs d pake d w7 saya lagi mas? Mohon jawaban

    ReplyDelete
  41. Gan permasalahan ane gini jadi awalnya modem smart gw d pinjem temen , temen saya make w8 dan saya pake w7, awalnya pas saya pake berbulan2 aman2 aja , tp pas hbs d pake tmn jd ga bs( detecting device terus), bagaiman cara agar mdm st bs d pake d w7 saya lagi mas? Mohon jawaban

    ReplyDelete
  42. Gan ane make modem smart c782 kok gak kebaca ya pas ane colok? solusinya dong gan, ane make w8 ...

    ReplyDelete
  43. makasih gan blog nya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  44. Salut dah buat admin nya

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment