Check PlugIn Secara Otomatis Pada Mozilla

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan browser mozilla firefox. Browser gratis yang didukung dengan berbagai addon gratis dan plugin gratis ini begitu populer hingga menjadi browser favorit banyak orang di dunia, mungkin termasuk anda. Mozilla melakukan terus berbagai macam pengembangan untuk meningkatkan kinerja dari browser firefox nya, salah satunya adalah memberikan fitur plugin checker gratis yang bisa anda manfaatkan agar kinerja browser mozilla anda berjalan dengan lebih maksimal dan terjaga tetap up to date.


Sebelum menjelaskan tentang fitur baru dari mozilla ini, sebaiknya anda ketahui dahulu apa itu plugin, bagaimana mengetahui plugin apa saja yang ada di firefox anda, serta mengapa anda harus mengupdate plugin tersebut secara rutin.

Plugin adalah tool atau lebih tepatnya bisa kita sebut sebagai fitur yang dikembangkan oleh vendor – vendor di luar mozilla untuk membuat agar browser mozilla firefox anda mampu membuka, mengenali dan mengakses file – file atau dokumen buatan vendor – vendor tersebut. Misalkan saja adobe system mengembangkan plugin untuk firefox anda agar saat anda browsing dengan browser tersebut anda bisa mengakses situs yang mengandung unsur swf atau file shockwafe. Ini penting karena banyak situs dengan animasi, game dan fitur yang dibuat menggunakan adobe flash dan berbentuk file shockwafe. Contoh lainnya juga plugin PDF reader yang dikembangkan oleh adobe agar anda bisa membuka dokumen berformat pdf melalui browser firefox anda. Masih ada banyak plugin penting lainnya seperti plugin Silverlight buatan microsoft, plugin Java dsb. Jika anda tidak memiliki plugin seperti Flash misalnya, maka anda tidak bisa menikmati video di youtube dan sebagainya. Itulah fungsi dan manfaat plugins.

Untuk melihat plugins apa saja yang terinstal di browser firefox anda, anda bisa melihatnya melalui menu Tools -> add ons -> dan buka tabs Plugins

Anda perlu mengupdate plugin ini secara teratur karena plugin yang tidak terupdate bisa mengganggu browsing anda dan mengurangi performa dari browser firefox sehingga akan banyak membuang waktu anda dan membuat proses browsing menjadi lama. Plugin yang tidak terupdate juga akan meningkatkan resiko terhadap serangan malware, virus, threats dan serangan keamanan lainnya. Dengan plugin yang selalu terupdate, proses browsing anda akan menjadi lebih cepat, lebih nyaman dan lebih aman.

Mengapa mozilla menyediakan fitur plugin checker ini?

hal ini dikarenakan tidak semua plugin bisa terupdate secara otomatis. Hal ini mendorong mozilla menyediakan fitur plugins checker ini untuk anda gunakan.Untuk memanfaatkan fitur ini, berikut ini saya bagi tips nya :

1. Buka link Mozilla Plugins Checker ini

2. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul daftar plugin anda
Daftar Plugin beserta Seluruh Keterangannya

Daftar Plugin beserta Seluruh Keterangannya

3. Lihat plugin details, status dan action nya

4. Anda bisa mengetahui status plugin anda up to date atau tidak melalui kolom action

5. Jika tertulis up to date, maka plugin anda sudah up to date, namun jika tertulis update, klik saja tombol tersebut untuk mengupdate plugin anda
Klik Update

Klik Update

6. Anda akan diredirect ke vendor plugin yang anda update, Ikuti setiap instruksi dari vendor plugin tersebut karena setiap vendor memiliki instruksi yang berbeda, namun pada intinya adalah download plugin -> install plugin -> restart firefox.
Ikuti Petunjuk Vendor plugin

Ikuti Petunjuk Vendor plugin

Dengan Plugin yang rutin terupdate, proses browsing anda akan lebih menyenangkan, aman dan nyaman. Anda bisa menikmati setiap fitur di situs yang anda buka dengan semaksimal mungkin.

Fitur ini merupakan fitur sementara dari mozilla, karena nantinya plugin checker ini akan langsung ditanamkan di engine firefox sehingga anda bisa melakukan pengecekan dan pengupdatean plugin tersebut secara langsung dari browser firefox anda.

Mudah bukan?? Selamat mencoba :)




Comments