Cara Meningkatkan Kinerja Android



Ponsel Android kamu lemot? Atau kadang patah-patah waktu dipakai nge-game? Ini pengalaman saya banget, jadi di sini saya akan berbagi tips agar ponsel android kamu bisa berjalan lebih cepat.

Dari pengalaman saya, karena saya dari dulu ngefans dengan Google dan saya ngidam ponsel Android, saya niat banget buru-buru punya ponsel android. Jadi gaji pertama saya bekerja saya niatkan untuk membeli android.
Karena kebetulan waktu itu juga abis kecopetan. Karena buru-buru, saya tidak terlalu memikirkan Spesifikasi ponsel Android itu sendiri, jadi saya beli Samsung Galaxy Pocket. Setelah tahu Spesifikasi RAM 289 MB dan Clock Speed Prosesor 800 Mhz itu agak lemot, jagi agak menyesal pengen punya ponsel Android yang agak mahal. :D

Langsung saja kita masuk ke Tips Meningkatkan Kinerja atau Performa Ponsel Android. Di sini saya berbagi 5 Tips untuk meningkatkan performa ponsel android:


1. Tutup Aplikasi yang berjalan di Background.
Aplikasi yang berjalan di backgroud tentu saja akan menempati ruang di RAM. Jadi android kamu akan lebih lama sepersekian detik untuk membuka aplikasi baru. Aplikasi yang populer digunakan yaitu Advance Task Killer.

2. Update Aplikasi
Update aplikasi androidmu, supaya jika aplikasi yang sedang kamu pasang ternyata terdapat Bug bisa segera ter-fix. (Saya agak bingun cari kata yang tepat) atau diperbaiki. Dan biasanya saat baca ada What's New : Better performance, ini yang kita cari.

3. Mengorganisir File
Simpan file-file yang berupa Foto, Musik, Video dan lain-lain di SDCard Eksternal. Sebaiknya jangan disimpan di SDCard Internal. Karena pada dasarnya seperti pada PC, RAM akan menyimpan sejenis Page file atau temporary file di memory Internal. Jadi kalau memory internal penuh, androidmu akan bekerja lebih keras untuk menghapus page file lama pada waktu bersamaan saat kamu membuka sebuah aplikasi.

4. Hapus SMS lama.

Kalau kamu menyimpan SMS yang jumlahnya beribu-ribu di ponsel androidmu, itu hanya akan memenuhi RAM di saat kamu membuka SMS atau saat aplikasi SMS sedang berjalan di Background. Jadi kalau kamu menyimpan SMS penting, lebih baik di SyncroStore kan, maksudnya di Syncronize kan ke PC. Kalu saya pakai Samsung, jadi menggunakan Samsung Kies.











5. Matikan Backgroud Data

Saya tahu kalian pengguna Android ini kaya-kaya ya? Jadi biasanya pada pakai Internet Broadband langganan. Tapi tidak ada salahnya memakai tips ke-5 ini. Menurut pengalaman saya, meskipun saya juga pakai peketan 2GB per bulan, tapi saya lebih enak jika menggunakan tips ini. Jadi saya kasih tahu, satu tombol "rahasia" dimana ponsel android kamu bisa lebih ngebut. Tombolnya ada di gambar samping. Hapus centang saat sedang tidak diperlukan. Ini akan membuat androidmu ngebut, tapi aplikasi Notifikasi Facebook, Foursquare, Friendcaster dan aplikasi sosial yang lain tidak akan berjalan (dalam hal ini Notifikasi atau pemberitahuannya loh, bukan aplikasinya yang tidak bisa dibuka). Tapi aplikasi lain seperti WhatsApp dan aplikasi chat masih bisa berjalan di Backgroud. Jangan lupan memberi tanda cek kalau kamu mau menggunakan Google Play untuk meng Update Aplikasi. Itu saja semoga bermanfaat, komentar di sini kalau ada yang salah. Dan yang terakhir, saya menawarkan produk di bawah, barangkali berminat. :)

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment