Cara Mengobati Jerawat Alami Tanpa Obat

Tips Mengobati Jerawat Alami Tanpa Obat.

Haai teman-teman Iq-Network, lama banget nih ngga update blog saya yang satu ini. Maklum lah ini adalah blog lama saya yang saya bangun sejak di bangku SMK. Nah kali ini cuma iseng-iseng aja, mungkin besok juga bakalan lama lagi ngga update blog ini atau sebaliknya saya malah lebih sering lagi uodate. Ah sudah lah, mari masuk ke Tips Mengobati Jerawat Alami Tanpa Obat.

Kali ini saya mau share pengalaman aja sih tentang masalah jerawat. Mungkin temen-temen yang nyasar di sini juga termasuk orang yang sedang bermasalah dengan jerawat. Berikut tipsnya, tips ini mungkin lebih khusus ke kulit pria atau laki-laki sih. Untuk perempuan yang mungkin memiliki jenis kulit yang lebih sensitif bisa disimak juga kali ya.

1. Cuci Muka dengan menggunakan Air saja.
Ya betul, ini adalah pengalaman saya saja. Terutama di siang hari, sebaiknya jangan mencuci muka menggunakan Sabun Muka, Kosmetik, cleaning foam atau semacamnya. JANGAN! Kenapa? Mencuci muka dengan sabun justru akan mengusir minyak alami yang diproduksi oleh kulit. Karena cara kerja sabun adalah memisahkan air dengan minyak. Minyak yang dihasilkan kulit itu bermanfaat untuk melembabkan kulit, dan menjaga dari bakteri. Terutama di siang hari, jangan cuci muka dengan sabun, gunakan air bersih saja. Setelah kamu mencuci muka dengan sabun, mungkin muka kita terasa bersih. Tapi hanya perasaan kita saja, karena memang efek sabun memberi sensasi bersih, hanya sensasi. Tapi setelah beberapa menit kulit kita akan kering, karena kehilangan pelembab alami pada kulit kita. Ini penting! Dalam keadaan kering seperti ini, kulit lebih rentan terkena iritasi san infeksi. Selain itu kita akan merasa terganggu dengan rasa kering dan kaku pada wajah, itu membuat kita jadi sering menyentuh wajah dengan tangan atau jari kita. Nah, ini akan menimbulkan masalah baru lagi, karena tangan kita tidak terjamin kebersihannya.

Jadi panjang kan penjelasan tentang cuci muka dengan air saja? Ini belum selesai, saya pengen jabarkan lagi. Mungkin saat kamu mencoba cuci dengan air saja akan terasa "Ah ini ngga bersih." Ingat, itu cuma sugesti! Minyak alami kulitmu lebih penting dan bermanfaat ketimbang sensasi bersih yang bersifat sementara. Kalo masih belum yakin, ingat ini. Tuhan menciptakan sesuatu dengan alasan tujuan dan manfaat tertentu, begitu juga miyak pada kulit. Mungkin pertama kali rasanya "Ah kok dekil gini? jadi ngga pede keluar rumah." Ngga juga, mending mana? Kelihatan dekil tapi sehat, atau kelihatan bersih tapi nggak sehat? Toh itu cuma kelihatannya aja. Udah belom nih? Kok kayanya rasanya masih ada yang kurang. ~_~

2. Jangan berlaku Kasar terhadap Kulit.
Saat cuci muka, hindari menggosok kulit dengan keras. Itu akam membuat jerawatmu bereaksi dan bergejolak (Seperti rasa cintaku padamu! *digampar*). Ya, basuh muka dengan air bersih, usap dengan lembut searah, kebawah. Jangan kasar! Jangan emosi!

3. Jangan Stress.
Hindari memikirkan sesuatu secara berlebihan, selesaikan pekerjaan sesegera mungkin.

4. Minum Air Putih.
Ini memang Tips yang mainstream tapi memang minum air putih ini sangat penting.

5. Olah Raga.
Olah Raga ringan di pagi atau sore hari, untuk membuat kulitmu mengeluarkan keringat dan membuatnya hidup kembali.

6. Air Wudhu
Buat kamu yang muslim, ini masih berhubungan dengan tips nomor 1 tadi. Wudhu minimal 5 kali dalam sehari (belum kalo kamu sholat dhuha dan witir juga, lebih baik)  cukup untuk mempertahankan kelembaban kulitmu dan juga membersihkan dari debu dan kotoran. Lupakan kuman dan bakteri itu cuma istilah marketing pada produsen sabun saja. Wkwkwk, ngga ngga cuma bercanda. Tapi itu bisa kamu pertimbangkan.

7. Cuci Muka Sebelum Tidur!
Ini wajib! Dan harus! Karena kamu harus membersihkan sisa sisa pertarunganmu selama seharian, dan kali ini kamu boleh menggunakan sabun muka. Dengan pertimbangan sebegai berikut, 
  • Setelah kita cuci muka kita kan ngga pergi-pergi lagi jadi aman dari polusi di luar.
  • Malam hari udara tidak terlalu kering dan suhu udara tidak panas, jadi pori-pori lebih aman dari serangan debu.
  • Saat tidur adalah saat regenerasi kulit, kulit akan mudah beregenerasi saat keadaan bersih.
  • Pastikan tempat tidur, bantal, guling kamu bersih!
Itu pertimbangan cuci muka sebelum tidur, syukur-syukur sekalian wudhu, sholat witir, minum terus cus tidur. Kan lebih barokah! :v :v :v
Minum air putih sebelum tidur juga membuatmu relax, dam membantumu agar bisa bangun lebih awal keesokan harinya.

Itu aja sih, mungkin tulisan ini lebih menekankan bahwa mencuci muka dengan air bersih saja tanpa sabu itu jauh lebih bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung. :)

Comments

Post a Comment