Media Penyimpanan Data

Media Penyimpanan DataAnda pastilah tidak asing lagi dengan jenis-jenis media simpan untuk PC Anda seperti disket atawa floppy disk, hard disk, dan CD [compact disc]. Perkembangan peranti ini sangat cepat, baik itu dalam bentuk, bahan, maupun kapasitas.

Dari bentuk, misalnya, kini tidak hanya disket saja yang bisa Anda andalkan agar leluasa membawa data digital ke mana-mana. Banyak tersedia flash disk mungil mirip gantungan kunci. Anda pun tidak perlu drive, tinggal dicolok ke dalam port USB saja.

Soal kapasitas, pastinya juga terus meningkat. Hard disk di awal kemunculannya hanya memiliki kapasitas 4,9 Mb saja. Sekarang, hitungannya sudah Gigabyte [Gb].


--------------------------------------------------------------------------------

Perjalanan Keping Keras


--------------------------------------------------------------------------------

Dekade 40-an, saat komputer generasi pertama mulai dikembangkan, tabung-tabung kedap udara [vacuum tubes] masih dijadikan tempat penyimpanan data. Sepuluh tahun kemudian, mulailah digunakan magnetic drums.

Pada tahun 1950, Engineering Research Associates of Minneapolis membuat unit penyimpanan drum magnetik, ERA 110, yang dapat menyimpan satu juta bit data.

Enam tahun kemudian, sistem penyimpanan disk magnetik [magnetic disk storage] untuk komputer ditemukan. Sistem disk storage untuk data bernama IBM 305 RAMAC. Teknologi RAMAC [Random Access Method of Accounting and Control] ini kemudian menjadi standar industri.

IBM 305 RAMAC membutuhkan 50 lempengan logam bermagnet berdiameter 24 inci [sekitar 60 cm] untuk menyimpan lima juta bytes [5 megabyte] data. Harga sewanya waktu itu masih sangat mahal, sekitar US$ 7.000 per megabyte [Mb] untuk jangka waktu setahun.

Tahun 1961, IBM kembali merilis temuannya, yakni disk drive pertama dengan air bearing head. Pada tahun 1963, hard disk yang bisa dibawa-bawa [removable] dibuat oleh IBM pula untuk pertama kalinya.

Era awal teknologi penyimpanan data tahun 60-70 memang masih dikuasai IBM. Terbukti, pada tahun 1973 IBM kembali merilis teknologi barunya, yaitu tempat penyimpanan data dalam bentuk unit hard disk drive, Winchester 3340 – pelopor bagi model hard disk yang ada sekarang. Hard disk ini memiliki dua kumparan dengan kapasitas hingga 30 Mb.

Awal 1980, Seagate Technology memperkenalkan hard disk pertama untuk mikrokomputer, ST506. Bentuk kepingnya masih besar, sekitar 51/4" yang dilengkapi dengan motor penggerak dan hanya menampung 5 Mb data saja saat itu. Masih tahun yang sama, Philips memperkenalkan hard disk laser optikal pertama.

Era disk drive 31/2" dimulai tahun 1983 oleh Rodime. Tahun 1985, teknologi 31/2" IDE drive mulai diperkenalkan. IDE drive ini dilengkapi dengan hard card sebagai pengontrol, di mana hard card ini dimasukkan ke dalam sebuah sirkuit yang ada di bawah hard disk. Quantum membuat hard card pertama pada tahun 1985.

Tahun 1987, hard disk 31/2" muncul. Bentuk hard disk mulai kompak dengan bobot hanya sekitar setengah kilogram saja. Ukurannya pun makin ringkas, sebesar buku notes saja.

Model hard disk tersebut adalah yang pertama yang bisa disatukan ke dalam sebuah unit komputer desktop. Selanjutnya, hard disk ini menjadi yang pertama digunakan untuk komputer portabel [laptop].

Jenis hard disk itu pun kemudian menjadi standar untuk desktop dan portabel. Saat pertama muncul, kapasitasnya mencapai 500 Mb dengan bentuk fisik yang semakin ringkas. Kapasitas penampungan datanya pun semakin besar.

Sepuluh tahun kemudian, IBM membuat terobosan baru teknologi hard disk dengan memperkenalkan teknologi Giant Magnetorisistive [GMR]. Kapasitas hard disk yang mampu menampung 16,8 Gigabyte [Gb] ini digunakan pertama kali pada komputer IBM Desktar 16GP.

Tahun 1998, kapasitas hard disk IBM telah menjadi 25 Gb, 5.000 kali dari kapasitas hard disk pertamanya di tahun 1956. Kini, di pasaran lokal saja, Anda bisa dengan mudah mencari hard disk dengan kapasitas 160 Gb.

Tidak berhenti di situ saja. Di tahun 2000, IBM memperkenalkan hard disk terkecil di dunia, 1 Gigabyte Microdrive. Ukurannya sekitar 4,3x3,5x0,5 cm dengan kecepatan transfer data 3.600 RPM. Hard disk mikro ini bisa digunakan pada perangkat mobile seperti PDA, kamera digital, dan sebagainya.


--------------------------------------------------------------------------------

Fleksibel


--------------------------------------------------------------------------------

Mengapa disebut floppy disk? Ya, karena media penyimpanan ini tidak terbentuk dari metal atau logam yang keras [floppy berarti tidak keras, fleksibel]. Selain itu, penggunaannya pun fleksibel, tidak mesti menyatu dalam sebuah komputer, bisa keluar-masuk PC mana pun. Selanjutnya, floppy disk kerap juga disebut sebagai diskette atau disket.

Saat ditemukan pertama kali pada 1971 oleh IBM, floppy disk ini terbuat dari plastik berdiameter 8" [sekitar 20,5 centimeter] yang dilapisi besi oksida magnetik. Keping disk plastik ini juga masih ditutup oleh pembungkus untuk melindunginya dari udara dan kotoran. Data akan ditulis dan dibaca lewat permukaan disk saat masuk ke sebuah drive dalam PC.

Floppy disk ditemukan oleh peneliti IBM, Alan Shugart, yang mulai mengembangkannya sejak tahun 1967. Pertama kali, disk ini sebenarnya didesain untuk memasukkan microcodes ke dalam komputer pengontrol Merlin [IBM 3330].

Selanjutnya, floppy ini berkembang menjadi medium baru penyimpanan program dan file. Floppy disk yang awal-awal disebut sebagai memory disk ini saat dikembangkan pertama kali baru bisa menyimpan data sekitar 100 Kb saja.

Perkembangan floppy disk cukup cepat. Shugart yang kemudian keluar dari IBM dan mendirikan perusahaan sendiri, pada tahun 1976 merilis temuan barunya, mini floppy dengan disk berdiameter 51/4" [13,3 cm]. Saat itu disk tersebut dijual dengan harga US$ 390.

Tahun 1977, Apple Computer memasukkan floppy disk drive untuk melengkapi seri komputer terbarunya. Tahun 1978, Apple memperkenalkan Disk II, floppy disk drive untuk floppy ukuran 51/4" yang bisa terkoneksi melalui kabel pada seri komputer terbarunya, Apple II.

Tahun 1980, Sony memperkenalkan 31/2" floppy disk beserta drive-nya. Floppy disk tersebut double-sided [dua permukaan sisi disk-nya bisa diisi data] dan juga double density. Kapasitasnya mencapai 875 Kb.

Zip drive dan zip disk, media penyimpanan sebesar disket yang muat data 25 Mb sampai 100 Mb, ini diperkenalkan oleh Iomega Corp. Floppy jenis ini biasanya banyak digunakan oleh komputer Apple Macintosh.


--------------------------------------------------------------------------------

Era CD


--------------------------------------------------------------------------------

Compact disc atau CD menjadi era baru dalam media simpan komputer. Awal mula teknologi ini tidak lepas dari teknologi laser yang ditemukan tahun 1958. Di tahun 1970, Klass Compaan dan Pete Kramer di perusahaan Philips membuat prototipe disk dari kaca, yang untuk membaca informasi di dalamnya digunakan laser.

CD benar-benar terwujud pada tahun 1980 oleh perusahaan Sony dan Philips. Audio CD player diluncurkan pada tahun 1982. Penggunaanya pada komputer dimulai saat Philips meluncurkan CD-ROM player pada tahun 1984.

Pada 1987, aplikasi pertama untuk CD-ROM pun dibuat. Aplikasi bernama Microsoft Bookshelf ini dikeluarkan oleh Microsoft. Selanjutnya, CD-ROM menjadi media utama penyimpanan data dinamis yang digunakan oleh PC, dan formatnya mulai distandarkan [ISO 9660:88] pada tahun 1988. CD-ROM ini mampu menyimpan data hingga 650 Mb [kapasitas standar] per kepingnya.

CD-RW drive pertama yang memungkinkan para pengguna komputer meng-copy data ke dalam media CD-R kosong, muncul pada pertengahan tahun 1997.

Tahun 1998, CD-ROM mengalami peningkatan kemampuan penyimpanan data menjadi DVD-ROM, dengan kapasitas mencapai 4,7 sampai 18 Gb. Fisik media tetap sama 51/4" medium, hanya saja kemampuannya meningkat 8 sampai 28 kali lebih besar. Format media baru ini distandardisasikan pada tahun 1997.

Setelah era CD, seiring banyaknya produk digital yang muncul, kini banyak media penyimpanan yang biasa disebut flash disk, flash card atau USB drive beredar di pasaran. Nama tersebut memang belum baku, karena julukan untuk produk ini banyak.

Bentuk USB drive atau biasa disebut flash memory biasanya ringkas. Kadang mirip gantungan kunci, dan untuk menggunakannya tidak perlu drive. Anda tinggal mencolokkannya ke port USB saja. Kapasitasnya beragam, dari 10 Mb sampai ukuran Gigabyte.

Sedangkan flash card/flash memory/flash disk ini berbentuk mirip disket, tapi mini. Biasa digunakan untuk kamera digital, handycam, atau PDA.

Tren media penyimpanan ke depannya akan semakin kecil dengan kapasitas yang meningkat. Menurut Randy Chalfant, dalam tulisannya "What’s In Your Storage Future?" di majalah Integrated Solution mengatakan, "10-15 tahun mendatang, media penyimpanan akan semakin otonom. Self-managing, self-administering, dan self-healing".

.

MAGNETIK KE MOLEKUL


--------------------------------------------------------------------------------

Komputasi molekular tampaknya akan kian jadi kenyataan. Banyak penelitian yang tengah mengembangkan manipulasi protein untuk membuat struktur DNA sintetis. DNA dan DNA sintetis memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pembuatan lapisan nanomachine untuk transistor atau sirkuit molekular. Nah, teknologi ini kemungkinan besar dapat dimanfaatkan untuk diaplikasikan pada media penyimpanan. Soal bentuk masih belum kelihatan bagaimana nantinya. Tapi yang pasti, kapasitas storage untuk PC Anda akan semakin tambah besar.

Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

15 Juni 2010 14.19

setiap penemuan ada masanya...sistem informasi dan komputer adalah teknologi yang paling cepat perkembangannya. makanya untuk perusahaan yang bergerak di telekomunikasi, inovasi bagai nafas perusahaan.siapa yang bisa memberikan inovasi terbaru dialah yang memimpin pasar.

20 Desember 2010 20.10

ijin sedot gan.. ane butuh pencerahan, kunjungi juga blog ane di banghillman.blogspot.com

Poskan Komentar

Jika kamu mendapati postingan ini berguna, silakan tekan tombol "Like". Butuh beberapa jam untuk posting, butuh 10 detik untuk mengatakan "Thanks", butuh 5 detik untuk mengatakan "Siiipp!".

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Iq-Network.Net - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger