Kuliah boleh Jogja, tapi SMK Solo juaranya!!

Kuliah boleh Jogja, tapi SMK Solo juaranya!!Jogja kan udah terkenal dengan Universitasnya yang Elok!! Sekarang gantian Solo!! Karena Solo mungkin kalah sama Jogja di bidang Universitasnya, maka Solo musti pake jalan lain untuk menyaingi kota-kota lain!! Dengan SMK itulah caranya!! Kalo di Solo, SMK yang di unggulkan. Sebagai anak yang yang bersekolah di SMKN 2 Solo, aq patut banga dengan prestasi SMK di Solo!! Neh sedikit cuplikan tentang prestasi SMK di Solo tepatnya SMKN 2 Surakarta (Solo). Tempat aquw sekolah. . . . :D :D :D

Belum lama ini SMKN 2 Solo memperoleh Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden RI atas pelayanan publik. Upaya apa yang dilakukan SMKN 2 hingga akhirnya terpilih menjadi lembaga pendidikan yang memperoleh penghargaan itu. Berikut wawancara reporter Harian Joglosemar, Kiki Dian Sunarwati dengan Sarmanto, SPd, Wakasek IV Bidang Humas dan Industri SMKN 2 Surakarta. Bisa diceritakan kronologi SMKN 2 ini memperoleh Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima?
Jadi SMKN 2 telah melalui banyak tahap untuk memperoleh penghargaan tersebut. Dari Dati II Surakarta awalnya ada dua nominator yakni SMKN 2 dengan Puskesmas Banyuanyar. Namun setelah melalui proses observasi, penilaian, dan presentasi, maka tim memutuskan SMKN 2 maju mewakili kota Solo. Nah di tingkat provinsi. Hingga akhirnya 31 Oktober 2008 di Istana Negara, SMKN 2 memperoleh Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima yang diserahkan langsung Presiden RI.
Bagaimana perasaan sekolah atas Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima tersebut?

Pastinya bangga , karena SMKN 2 berhasil menyisihkan 250 Unit Pelayanan Publik (UPP) di seluruh Indonesia, dan menjadi satu dari 80 instansi secara nasional yang mendapatkan penghargaan. Selain itu , penghargaan ini bisa menghibur kota Solo yang kemarin sempat gagal memperoleh Adipura.

Kriteria apa yang dinilai dalam Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima ini?

Kriterianya dinilai dari visi-misi, Sistem Operasional Prosedur (SOP), SDM, sarana dan prasarana. SMKN 2 karena sudah ber-ISO maka visinya adalah mewujudkan SMK yang unggul di era global. Sedangkan misinya yakni unggul dalam kepribadian dan pengembangan, unggul dalam ketrampilan dan teknologi, unggul dalam kewirausahaan, dan unggul dalam kemandirian.

Terkait dengan SDM dan sarana prasarana sendiri bagaimana?

Kalau dari SDM para guru dan pengajarnya, saat ini SMKN 2 memiliki 147 guru untuk mengajar 1600 siswa yang terbagi dalam 49 kelas. Dari jumlah tersebut yang sudah S2 ada 10, sedang menempuh S2, tiga orang, sedang menempuh S1 12 orang dan sisanya sudah S1 semua. Para guru tersebut senantiasa mengikuti training baik ke industri atau pihak lain serta sudah tersertifikasi, jadi mereka mengajar dari 8 program keahlian yang kami miliki. Yakni teknik kostruksi bangunan, gambat bangunan, perkayuan, audio-video(elektronika), listrik pemakaian,permesinan, mekanik otomotif dan komputer jaringan. Kemudian menyangkut sarana dan prasarana sendiri, kami berbenah ,misalnya terkait kegiatan belajar mengajar kami pergunakan moving class jadi ruang teori dan praktik bergiliran, workshop/ bengkel untuk praktik kita kejar dari yang standar menuju unggul, dan yang unggul menjadi advanced. Untuk lingkungan sekolah juga ada hot spot area sehingga menunjang proses belajar siswa.

Seperti apakah bentuk kesiapan yang dilakukan sekolah saat menjadi nominasi untuk memperoleh Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima?

Kami melakukan beberapa kajian terhadap parameter dan juga kekurangan yang ada dalam pelaksanaan manajemen ISO, kemudian kami juga melakukan study perbandingan untuk mencari treatment kepada Samsat Solo yang juga pernah mendapatkan penghargaan tahun 2000. http://harianjoglosemar.com/index.php?option=com_content&task=view&id=29792

Comments